Kamis, 10 Mei 2012

Mobil Google Tanpa Pengemudi Memiliki Plat Resmi

Mobil Google Tanpa Pengemudi Memiliki Plat Resmi ---Akhirnya pemerintah Negara Bagian Nevada Amerika Serikat akhirnya secara resmi mengeluarkan plat untuk mobil Google tanpa pengemudi. Plat Mobil Google Tanpa Pengemudi  ini khusus diberikan dengan warna merah dan bernomor 001 yang ditempel di bagian belakang bodi mobil Google Toyota Prius yang bisa berjalan tanpa pengemudi.

Tujuan pemberian plat khusus untuk mobil Google ini sebenarnya untuk menyesuaikan dengan tag line dari mobil Google itu sendiri. Warna merah memang merupakan warna mencolok untuk menarik perhatian. Hal ini senada dengan misi google untuk menciptakan mobil yang siap menarik perhatian dunia. Selain itu, warna merah sendiri merupakan warna khusus. Ini menunjukkan bahwa mobil gGoogle memang mobil khusus (spesial). Dan Negara Bagian Nevada AS merupakan negara bagian pertama yang memberikan plat nomor khusus kepada kendaraan. Namun kedepannya, jika Mobil Google Tanpa Pengemudi ini dilepas kepasaran, maka plat akan berubah menjadi warna hijau, yang mungkin bisa diartikan sebagai mobil masa depan yang aman.
Interior mobil google
Situasi di dalam Mobil Google Tanpa Pengemudi saat melaju di jalan/reuters
Walaupun Mobil Google Tanpa Pengemudi ini sudah Memiliki Plat Resmi, ia tetap harus memenuhi ketentuan. Yaitu harus diisi oleh minimal dua orang di dalamnya. Salah satunya harus berada di belakang kemudi. Ini bertujuan untuk mengantisifasi jika terjadi kesalahan sistem pada mobil, yang mungkin nantinya akan menyebabkan kecelakaan atau hal lainnya tidak diinginkan.

Tentang Mobil Google Tanpa Pengemudi
Mobil Google Tanpa Pengemudi (Self-Driving Car) ini dikembangkan oleh Sebastian Thrun. Seorang profesor dari Stanford yang sekaligus menjabat sebagai wakil presiden Google. Mobil Google Tanpa Pengemudi ini sangat bergantung kepada berbagai sensor, kamera, laser dan informasi yang dikumpulkan dari mobil yang dikendarai secara manual. Dalam test driving-nya, Mobil Google Tanpa Pengemudi ini sudah melaju di jembatan Golden Gate dan dikendarai di kawasan pantai.
sistem sensor mobil google
Gambar sistem sensor mobil google saat membaca situasi sekitarnya saat dijalan/reuters
Walaupun Mobil Google Tanpa Pengemudi ini diciptakan untuk sistem berkendaraan yang lebih cepat dan aman, namun kecelakaan bisa saja terjadi karena kerusakan sistem yang disebabkan oleh kelalaian manusianya (human error). Gak kebayang, bagaimana laju Mobil Google Tanpa Pengemudi ini dijalan ketika sistemnya ditembus hacker atau virus...hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar