Rabu, 09 Mei 2012

Memilih Nama Domain melalui Teknik Domain Hack

INDOMEETING.NET - Memilih Nama Domain melalui Teknik Domain Hack Tahukah anda? Jika domain .tv yang seringkali dipakai oleh website-website video streaming dan pertelevisian awalnya adalah ccTLD dari kepulauan Tuvalu. Nah, penggunaan dari ccTLD .tv sebagai alternatif untuk website pertelevisian dan video streaming inilah yang dinamakan “Domain Hack”.

Sejarah singkat domain .tv: VeriSign yang melihat besarnya potensi ccTLD .tv kemudian memutuskan mengikat kontrak dengan pemerintahan Tuvalu agar memberikan izin untuk memasarkan domain .tv.  Dari perijinan tersebut, Tuvalu mendapat 50 juta dolar selama 12 tahun (4 juta dolar setiap tahun atau 18% dari total income Tuvalu). Revenue yg didapat bukan berarti tanpa kontroversi. Sebab royalti dari domain .tv yang sekian persennya digunakan untuk situs porno dianggap haram oleh masyarakat Tuvalu yang konservatif.

ccTLD merupakan singkatan dari country code Top Level Domain. Contohnya TLD .id untuk Indonesia, .in untuk India, .us -> United States, .au -> Australia, .jp -> Japan, .tv -> Tuvalu, dst. Setiap negara yang berdaulat masing-masing telah diberikan ccTLD yang sesuai dengan inisial negaranya. Dan ccTLD tersebut bebas dipergunakan untuk berbagai kepentingan. Negara berhak memanfaatkannya untuk kepentingan masyarakatnya sendiri (contohnya domain .id dan mayoritas ccTLD lain) atau memberikan izin agar ccTLD tersebut bisa diperjualbelikan ke publik (seperti ccTLD .us, .in, dsb)

ccTLD yang lisensinya sudah bebas diperjualbelikan ke publik lah yang bisa anda gunakan untuk bermain “Domain Hack”.

Misalnya Domain Hack dengan membentuk kata-kata dalam bahasa asing, seperti schokola.de (bahasa Jerman dari cokelat), ecriva.in (bahasa Perancis dari penulis), dst (contoh lainnya disini)

Atau membentuk nama domain dari brand anda. Misalnya Apple membuat nama domain itun.es (dimana .es adalah ccTLD dari Espain), Google dengan goo.gl (gl =  Greenland), Yahoo dengan blo.gs dan del.icio.us, Facebook dengan instagr.am.

Domain Hack bisa juga dikembangkan dengan teknik subdomain. Misalnya del.icio.us. Joshua Scachter (pencipta ide del.icio.us) membuat subdomain “del” setelah membeli domain “icio.us”. Kreatifitas domain hack juga bisa terus anda kembangkan dengan teknik subdomain dalam subdomain. Contohnya please.do.not.disturb.me.

Anda bisa memanfaatkan alat pencarian seperti xona.com/domainhacks untuk mendapatkan ide-ide domain hack yang memungkinkan. Kreasi yuk Domain Hack anda sendiri ;-)

Memilih Nama Domain melalui Teknik Domain Hack

Tidak ada komentar:

Posting Komentar