Minggu, 22 April 2012

Space Hosting dan Bandwith Blogger

Space Hosting dan Bandwith Blogger

INDOMEETING.NET - Space Hosting dan Bandwith Blogger Berawal dari membaca postingan dari forum kaskus.us, yang membahas tentang Fakta Unlimited Space Hosting dan Unlimited Bandwith, Maka timbul di pikiran Saya, "Lantas berapa kapasitas Space dan Bandwith yang disediakan oleh blogger?"

Space Hosting dan Bandwith Blogger

Jujur Saja, Selama ini Saya selalu beranggapan bahwa Blogger menyediakan fasilitas Unlimited Space & Unlimited Bandwith untuk setiap penggunanya. Hal ini tentu saja bertentangan dengan fakta yang di dapat setelah membaca thread tersebut.

     Lantas sebagai pemecahan masalah, Saya berupaya mencari jawaban yang sebenarnya. Mulai dari googling pada situs-situs berbahasa indonesia, hingga "main" ke situs-situs luar yang membahas topik sejenis. Lantas, Saya mendapatkan sebuah fakta. Fakta tersebut benar adanya. Karena Statment itu dikeluarkan melalui situs resmi google sendiri.

     Google memiliki cara kerja tersendiri dalam hal pembagian space dan bandwith nya. Supaya lebih jelas, Mari baca kutipan yang Saya peroleh dari situs resmi nya:


Cara kerjanya Yang Dikutip Langsung dari Sini.  

Google menawarkan cara membeli ruang penyimpanan tambahan yang dipakai bersama di Gmail, Google Documents, dan Album Web Picasa (yang mencakup foto yang diunggah ke Blogger). Anda dapat membeli penyimpanan tambahan kapan saja.
Pengguna Google Apps: Penyimpanan Google tersedia dengan harga dan tingkat penyimpanan yang sama untuk pengguna Google Apps. Namun, penyimpanan yang dibeli tidak akan berlaku pada akun Gmail Anda. Pelajari lebih lanjut

Penyimpanan gratis

Ruang penyimpanan gratis berbeda-beda menurut produk. Penyimpanan gratis dari satu produk tidak dapat digunakan oleh atau dialihkan ke produk lain.

  • Gmail menyediakan lebih dari 7+ GB (dan masih terus bertambah) untuk pesan Gmail.
  • Documents menyediakan 1 GB untuk berkas yang diunggah (dokumen yang dibuat di Google Documents dan berkas yang dikonversi tidak diperhitungkan dalam penyimpanan, namun memiliki beberapa batasan ukuran).
  • Web Picasa menyediakan 1 GB untuk foto dan video. Berkas berukuran tertentu tidak diperhitungkan dalam batas tersebut.
  • Google+ menyediakan penyimpanan tak terbatas untuk foto, yang ukurannya secara otomatis diubah menjadi 2048 piksel. Video berdurasi hingga 15 menit juga gratis.

Penyimpanan berbayar

Jika Anda kehabisan penyimpanan untuk Gmail, Google Documents, atau Web Picasa, Anda dapat membeli penyimpanan tambahan yang dapat dipakai bersama oleh produk-produk tersebut. Pilih dari paket penyimpanan berikut:

  • 20 GB - $5/th
  • 80 GB - $20/th
  • 200 GB - $50/th
  • 400 GB - $100/th
  • 1 TB - $256/th
  • 2 TB - $512/th
  • 4 TB - $1024/th
  • 8 TB - $2048/th
  • 16 TB - $4096/th
Perhatikan bahwa 1 TB sama dengan 1024 GB dan harga tersebut tidak termasuk pajak dan biaya yang berlaku terkait dengan negara tempat tinggal Anda.
Pembelian penyimpanan Google merupakan langganan tahunan yang diperpanjang setelah satu tahun. Anda dapat membatalkan langganan Anda setiap saat, tetapi dana pembelian penyimpanan tidak dapat dikembalikan. Anda juga dapat meningkatkan paket kapan saja ke paket penyimpanan yang lebih besar untuk perbedaan yang disamaratakan. Penyimpanan berbayar untuk satu Akun Google tidak dapat dialihkan ke akun lain. Pelajari lebih lanjut tentang pengembalian dana, perpanjangan, dan pembatalan penyimpanan Google
Mungkin terjadi penundaan hingga 24 jam sebelum penyimpanan yang dibeli ditambahkan ke akun Anda. Lihat langkah-langkah pemecahan masalah penyimpanan untuk informasi selengkapnya.

 

Oke, sekarang Kita masuk kedalam pembahasan masalahnya. Dari kutipan diatas, diketahui bahwa:

Limit Space Hosting Pada Blogger  

Web Picasa menyediakan 1 GB untuk foto dan video. Berkas berukuran tertentu tidak diperhitungkan dalam batas tersebut.

Mungkin Anda bertanya: "apa hubungan nya kapasitas Web Picasa dengan blogger?" Sekedar informasi, blogger yang kita miliki terintegrasi secara otomatis dengan layanan Web Picasa milik google. Yup, jadi secara otomatis, setiap foto atau pun video yang kita upload di dalam blogger milik kita, secara otomatis ikut di publish melalui Web Picasa.

     Pihak Blogger tidak memberikan batasan khusus pada penggunaan space pada blogger. Yang dibatasi hanyalah penggunaan space foto dan video kita di Web Picasa. Kita ketahui, element dari suatu blog yaitu temasuk Foto dan Video. Jadi disini Saya dapat mengambil kesimpulan: 

  • Space Hosting pada Blogger = 1 GB (Untuk penggunaan Foto dan Video) 
Limit Bandwith Pada Blogger

Limit Bandwidth artinya  Membatasi bandwidth berapa banyak orang atau pengunjung dapat mengunjungi website atau blog Anda per bulan. Pada Blogger, tidak ada batas bandwidth untuk blog blogger Anda. Beberapa layanan hosting GRATIS dan bahkan berbayar akan membatasi website atau blog menggunakan bandwidth per bulan atau bahkan hari. Anda harus membayar ekstra jika Anda melebihi batas ini, dan dalam kasus serius account hosting Anda juga dapat di Suspend tanpa pemberitahuan. 

     Namun berkat Google karena tidak ada batas Bandwidth di Blogger, Anda dapat memiliki satu juta pengunjung per hari. Tetapi jika Anda menggunakan template kustom lain selain default template blogger dan memiliki banyak pengunjung per hari, gambar template Anda mungkin tidak akan ditampilkan karena batas hosting gambar, yang tergantung di situs web hosting gambar template yang Anda host. Sebagai contoh jika Anda blogger template gambar host di photobucket dan memiliki banyak pengguna, gambar template yang mungkin mengatakan bandwidth yang melebihi akun upgrade. 

     Sebenarnya Ada solusi untuk permasalahan ini. Insya Allah, akan dijelaskan di blog ini nantinya.

     Oke, back to topic,....
Sampai saat ini Saya menarik kesimpulan Bahwa:

  • Limit Bandwith Pada Blogger = Unmetered

     Mengapa Saya menulis Unmetered bukannya Unlimited? Saya lebih setuju dengan kenyataan yang sudah di bahas  pada thread tersebut (screenshoot thread di atas) yang menjelaskan:

Unmetered Bandwidth = Ada
Yang perlu dilakukan oleh provider hosting adalah melepas opsi "meteran/perhitungan" bandwidth pada servernya. Dengan demikian berapa pun traffic hosting yang dipakai customers, tidak akan dihitung.

Unlimited bandwidth = Tidak ada
Ini adalah hal yang tidak mungkin bisa terjadi, karena berapapun besarnya bandwidth, pasti ada limitnya. Pasti ada nilai angka yang tidak bisa dilewati.
Berikut ini adalah penjelasan masing-masing batasan maximum terhadap unmetered bandwidth (bukan unlimited bandwidth) dalam hitungan lebih kurang:

Bandwidth 1Mbps unmetered = max. 330Gb/bulan
Bandwidth 10Mbps unmetered = max. 3.300Gb/bulan
Bandwidth 100Mbps unmetered = max. 33.000Gb/bulan
Bandwidth 1Gbps unmetered = max. 330.000Gb/bulan

Jadi berapapun besarnya bandwidth yang diberikan, meskipun tidak dihitung (unmetered), pasti ada batasannya.

Setelah pembahasan mengenai Space Hosting dan Bandwith Blogger Kesimpulan akhir yang dapat disimpulakan:
  • Limit Space Hosting pada Blogger = 1 GB (Untuk penggunaan Foto dan Video) 
  • Limit Bandwith Pada Blogger = Unmetered

Tidak ada komentar:

Posting Komentar